Cara membuat bitcoin paper wallet

Image credit: google image.

Kita sudah membeli bitcoin dari website yang tersedia. Banyak sekali website/bitcoin (btc) trading company yang menjual btc. Yang terkenal di Indonesia yaitu bitcoin.co.id dan poloniex.com. Mungkin itu 2 website yang popular untuk btc/altcoins trading.

Tapi sebenarnya jika kita membeli btc di website tersebut, kita tidak sepenuhnya memiliki btc tersebut. Karena btc tersebut di simpan/di deposit di server website tersebut. Untuk masalah keamanan akan btc yang kita beli, kita harus percaya dengan website tersebut.

Beberapa waktu lalu saya pernah melihat di youtube bahwa ada website yang menyediakan btc wallet terkena masalah/di hack, dan banyak btc yang hilang. Ngeri juga kalau kita punya 2, 5 atau bahkan 10 btc tersimpan di wallet website tersebut, karena bisa hilang begitu saja.

Ada solusi untuk melindungi btc kita dari hal-hal di atas. Yaitu dengan cold storage, berupa; usb drive, paper wallet, physical btc atau hardware wallet. Dimana cold storage ini disimpan offline dan aman dari serangan cyber.

Dalam article ini, kita akan bahas mengenai paper wallet, dan berikut pro dan kontra nya:
pro:

  • offline dan bebas dari malware. Lebih mudah menjaga selembar kertas dari pada harus menjaga komputer server tetap aman di jaringan internet.
  • private key terkontrol full, btc tidak bisa berpindah tanpa izin dari pemilik, berbeda dengan online wallet yang mana kita tidak punya kontrol yang penuh.
  • membuat paper wallet sangat mudah dan gratis.

kontra:

  • jika, kertas hilang atau rusak, btc tidak bisa di akses dan akan hilang.
  • jika paper wallet dicuri, btc pun akan ikut tercuri.
  • ketika sedang generate private key berlangsung pada saat pembuatan paper wallet komputer tetap terhubung ke interent, hacker akan bisa meng-copy private key tersebut dan meng-akses nya nanti. Sangat disarankan, komputer tidak terhubung ke internet ketika private key sedang dalam proses.

Berikut video tentang bagaimana cara membuat bitcoin paper wallet. Saya mencoba menjelaskan nya secara cepat dan mudah dimengerti.

Bagi yang ingin mencoba membuat nya.. silahkan mencoba.